Materi penjelasan Enrichment

7P
  • Persediaan
  • Penjualan
  • Groos Margin
  • Biaya
  • Administrasi
  • Lingkungan
  • Other income


Lay out Berdasarkan kategori adalah pengelompokan produk berdasarkan jenis dan kriteria produk.

Lay out adalah tata letak rak dan sarana display lainnya yang berhubungan erat dengan pemanfaatan ruang guna penempatan produk yang akan dijual.

Latar belakang yang mendasari pembuatan layout adalah
1. Luas toko terbatas
2. Bentuk toko yang berbeda beda

Ruang Lingkup
  1. Divisi merupakan bagian terbesar suatu produk (contoh:food 2)
  2. Departemen merupakan bagian yang yang menjelaskan dari divisi(contoh: beverages)
  3. Sub departemen merupakan bagian yang menjelaskan dari departemen (contoh:soft drink).
  4. Category merupakan bagian yang menjelaskan dari sub departemen (Contoh: Energy drink)
  5. Item/PLU (Product label unit) merupakan bagian terkecil dari produk (contoh :pocari sweat)
  6. Varian merupakan varian dari produk (contoh : Dancow 1+ 800 gram Rasa madu)


Penetapan Kuantitas Maksimum
PKM adalah penetapan kuantitas maksimum per item barang yang disesuaikan dengan kondisi sales, lead time, safety stock dan minor dari warehouse

##gambar rumus mencari pkm###

Variable PKM

Average sales quantity
merupakan rata rata penjualan atau potensi sales yang terjadi setiap harinya, di ukur pertiga bulan.

Rumus

@@gambar mencari average sales@@

Lead Time 
adalah jarak waktu terpanjang dari PB(Pengiriman barang) dikirim sampai dengan barang datang ketoko.

Rumus

@@gambar mencari lead time@@

DSI (Day Sales Inventori)
adalah membandingkan nilai inventori dari seluruh item toko dengan rata rata penjualan

Rumus

@@GAMBAR MENCARI DSI@@

Tujuan Day Sales Inventori

  1. Mengetahui berapa harikah nilai inventori yang ada ditoko dibandingkan dengan AVG sales toko.
  2. Mengetahui kapan tenggang waktu, jatuh tempo inventori suatu barang dari TOP sehingga tidak jadi utang dagang

Belum ada Komentar untuk "Materi penjelasan Enrichment"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel